Text
Perbandingan perilaku prokrastinasi pada siswa prestasi tinggi dan prestasi rendah siswa kelas XI SMA Negeri 59 Jakarta
PERBEDAAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA PRESTASTI TINGGI DAN SISWA PRESTASTI RENDAH DI SMA N 59 JAKARTA
NINDY GITA MAESTIKA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa prestasti tinggi dan siswa prestasti rendah di SMA Negeri 59 Jakarta. Siswa diharapkan dapat mengurangi atauh bahkan mencegah terjadinya perilaku prokrastinasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas XI SMA Negeri 59 Jakarta. Penentuan sampel pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling Jadi, dengan teknik pengambilan sampel ini karakteristik sampel ditentukan sesuai dengan kebutuhan penelitian yaitu siswa prestasi tinggi dan siswa prestasi rendah. Sampel penelitian ini sebanyak 60 orang siswa kelas XI prestasi tinggi dan prestasi rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil uji t ditemukan nilai t sebesar 5.614 dengan sig (2-tailed) 0,000, karena nilai sig < 0,05 (α) maka terdapat perbedaan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa prestasi rendah dan prestasi tinggi di SMA Negeri 59 Jakarta. Siswa prestasi tinggi memiliki perilaku prokrastinasi dalam hal pengelolaan waktu dan siswa prestasi rendah memiliki perilaku prokrastinasi pada penundaan untuk memulai mengerjakan tugas.
Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Prestasi Akademik
Bibliografi : lembar 63-64
SS00009276 | SK 9276 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain