Text
Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap self-efficacy dalam menyusun skripsi pada mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP SELFEFFICACY
MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS
NEGERI JAKARTA
Taufan Yudhantara
Jurusan Psikologi
Fakultas Ilmu pendidikan
2016
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial
orang tua terhadap self-efficacy menyusun skripsi pada
mahasiswa.Pengambilan data penelitian ini berlangung di Universitas
Negeri Jakarta pada 21 Desember sampai 7 Januari 2016. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Sampel berjumlah 119 orang di UNJ.
Pengumpulan data menggunakan alat ukur self-efficacy menyusun skripsi
berdasarkan dimensi Bandura: Magnitude, Generality dan Strength. Alat
ukur dukungan sosial orang tua berdasarkan dimensi menurut Curtona
dan Russel : reliable alliance, reassurance of worth, guidance, attachment,
social integration, dan opportunity of nurturance. Analisis statistik yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah Analisis Regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis nol Ho ditolak dan hipotesis
alternatif Ha Diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan
dukungan sosial orang tua terhadap self-efficacy menyusun skripsi pada
mahasiswa. Persamaan regresi adalah Self-efficacy = 33,309 + 0,515
Dukungan sosial orang tua. Taraf signifikansi p = 0,000 < 0,05 dan nilai F
= 103.558. Besarnya pengaruh (R Square) dukungan sosial orang tua
adalah 0.47 (47%). Dapat diinterpretasikan terdapat pengaruh yang
signifikan antara dukungan sosial orang tua terhadap self-efficacy
menyusun skripsi pada mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta
Kata kunci :self-efficacy, dukungan sosial orang tua, mahasiswa
Bibliografi : lembar 74-77
SS00009282 | SK 9282 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain