Text
Kompetensi pedagogik guru kelas bersertifikasi : studi kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kendari
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS BERSERTIFIKASI
STUDI KASUS PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KENDARI
(2013)
THE COMPETENTION PEDAGOGIC OF TEACHER CERTIFICATION’S
CASEY STUDY IN ELEMENTARY SCHOOL RELIGION OF KENDARI
MUSLIMIN
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam kompetensi pedagogik guru kelas bersertifikasi serta upaya-upaya yang telah dilakukan dalam mengembangkan kompetensi pedagogiknya. Penelitian ini dilaksanakan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kendari di kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah pengamatan,wawancara, analisis dokumen, dan perekaman. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penyimpulan data dan verifikasi data. Strategi yang digunakan untuk memeriksa keabsahan data adalah melalui triangulasi dan member checking.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru kelas bersertifikasi antara lain: perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, penilaianproses pembelajaran, pengawasan dan supervisi proses pembelajaran serta pengembangan kompetensi pedagogik guru kelas bersertifikasi sudah memenuhi standar dan telah melakukan upaya pengembangan kompetensi pedagogiknya. Hasil penelitian memberikan beberapa rekomendasi agar guru senantiasa meningkatkan kualitas profesionalnya, kepala sekolah dan pengawas melakukan pembinaan profesi dan supervisi yang berkelanjutan terhadap seluruh tahapan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas bersertifikasi guna perbaikan mutu pembelajaran.
Keyword: kompetensi, kompetensi pedagogik guru, sertifikasi guru, pengembangan kompetensi.
Bibliografi : lembar 163-166
TM00004570 | TM 4570 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain