Text
Pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pengantar Akuntansi siswa kelas X kompetensi keahlian Akuntansi SMKN 8 Jakarta pada Tahun ajaran 2015/2016
ABSTRAK
AFNAN AKMALIA. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMKN 8 Jakarta Pada Tahun Ajaran 2015/2016. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 8 Jakarta yang berjumlah 103 orang siswa dengan sampel 82 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara persepsi siswa tentang perhatian orangtua dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitungsebesar 2,977 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990. Motivasi belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,807 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990. Secara simultan ada pengaruh antara persepsi siswa tentang perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 19,604 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,110. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang perhatian orangtua dan motivasi belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,576 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 33,2%.
Kata Kunci :Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
ABSTRACT
AFNAN AKMALIA. The Influence of Student Perceptions Based on Attention Parents and Learning Motivation on Introduction to Accounting Subject Attainment, Accounting Skills X Grade in SMKN 8 Jakarta of Academic Year 2015/2016.Faculty of Economy State University of Jakarta. 2016. This research purpose is to find out the influence of student perceptions based on attention parents and learning motivation on introduction to accounting subject attainment, accounting skills X Grade in SMKN 8 Jakarta. This type of research is survey, with quantitative approach. Data recording, observation and questionnaire are research technique. Total population in this study were 103 students with a sample of 82 students of X in SMK Negeri 8 Jakarta. The data analysis technique used was multiple linear regression, classic assumption test, and the hypothesis test consist of t-test and F-test. Based on the analysis of the data found that there was a partial effect between student perceptions based on attention parents to introduction to accounting subject attainment. Can be seen from the results of data analysis showed tcount 2,977 ttable greater than 1,990. Meanwhile, the partial use of learning motivation to introduction to accounting subject attainment, it is seen from the results of data analysis showed tcount 2,807 ttable greater than 1,990. Simultaneously there is influence of student perceptions based on attention parents and learning motivation to introduction to accounting subject attainment. Can be seen from the results of data analysis showed Fcount value of 19,604 is greater than the value of 3.110 Ftable. There was a significant positive influence of student perceptions based on attention parents and learning motivation on introduction to accounting subject attainment of X students with R for 0,576and determination coefisien for (R)2 was 33,2%.
Keywords : Attention Parents, Learning Motivation, Introduction to Accounting Subject Attainment
Bibliografi: lembar 104=108
SS00009359 | SK 9359 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain