Text
Penerapan metode cooperatif script dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pokok bahasan membaca pada warga belajar program paket B : studi eksperimen di PKBM 21 Tebet Jakarta Selatan
PENERAPAN METODE COOPERATIF SCRIPT DALAM MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MEMBACA
PADA WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET B
(Studi Eksprimen di PKBM 21 Tebet Jakarta Selatan)
Ratih Puji Lestari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu dan memperoleh data mengenai hasil
belajar bahasa Indonesia pokok bahasan membaca dengan Penerapan Metode
Cooperative Script Pada Warga Belajar Program Paket B. Di PKBM 21 Tebet,
Jakarta Selatan. Penelitian ini berlangsung dari bulan Juni 2015 sampai dengan
bulan Desember 2015, pada variabel metode Cooperative Script aspek yang dilihat
ialah keterlibatan warga belajar dalam pembelajaran, pelaksanaan dan juga dalam
evaluasi dan penilaian. Sedangkan dalam variabel hasil belajar warga belajar
program paket B pelajaran bahasa Indonesia pada pokok bahasan membaca aspek
yang dilihat ialah penekanan pada mengetahui perberdaan fakta dan opini dengan
membaca intensif dan membuat resensi buku pengetahuan dengan benar
(membaca memindai).
Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimen dikarenakan terdapat variabel
luar yang berpengaruh terhadap variabel dependen. Sebagai acuan dasar bagi
peneliti untuk memperoleh data. Metode penelitian pre-eksperimen dengan
menggunakan desain one-group pretest-posttest design. Peneliti menggunakan
pendekatan metode ini dikarenakan hasil penelitian dapat diketahui secara akurat,
dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan dengan sesudah
diberi perlakuan.
Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu dengan pretest dan posttest. Hasil ratarata
pretest yang diperoleh sebesar 6.61, sedangkan hasil rata-rata posttest yang
diperoleh sebesar 8.8 terdapat kenaikan sebesar 2.07, dan nilai angket kuesioner
dimana sebelumnya sudah dilakukan uji validitas dengan menggunakan rumus
Product Moment. Hasil rumus tersebut dari 50 pernyataan yang terdapat pada
kuesioner ada 10 pernyataan yang dinyatakan tidak valid, 40 pernyataan lainnya
yang dinyatakan valid. Kemudian dilakukan uji reabilitas yang di yang diukur dengan
rumus Alpa Cronbach sehingga didapat hasil rhitung > rtabel = 1.0424 > 0.514 demikian
pernyataan yang digunakan dalam kuesioner atau angket ini dinyatakan realibel
dengan kualifikasi sangat tinggi.
Berdasarkan hasil dari pretest dan posttest perkembangan hasil belajar dari warga
belajar terbukti bahwa Penerapan Metode Cooperative Script dapat meningkatkan
hasil belajar warga belajar. Hasil pengujian Penerapan Metode Cooperative Script
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Membaca
Pada Warga Belajar Program Paket B. Di PKBM 21 Tebet, Jakarta Selatan efektif
untuk diterapkan.
Bibliografi : lembar 123-125
SS00009290 | SK 9290 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain