Text
Pengembangan Modul informasi karir untuk peserta didik kelas X jurusan teknik kendaraan ringan (TKR) SMK Negeri 26 Jakarta
PENGEMBANGAN MODUL INFORMASI KARIR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK NEGERI 26 JAKARTA
Praditya Rizky Hutama
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan permasalahan utama, yaitu kurangnya sumber yang dapat digunakan guru BK dalam memberikan layanan Bimbingan dan Konseling karir. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul informasi karir untuk peserta didik kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri 26 Jakarta yang diharapkan dapat membantu peserta didik mencapai kematangan karir. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R & D) dengan melalui 5 dari 10 tahapan penelitian yang dikemukakan oleh Sugiyono. Peneliti melakukan pungumpulan data analisis kebutuhan dengan beberapa teknik, yaitu wawancara dan kuesioner. Kompetensi-kompetensi yang terdapat dalam modul diambil dari beberapa teori yang mengemukakan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kematangan karir. Uji validasi pada penelitian ini dilakukan oleh 3 validator, yaitu ahli media, ahli materi dan guru BK. Peneliti juga melakukan pengujian keefektifan pada subjek calon pengguna yaitu peserta didik kelas X jurusan TKR dengan responden sebanyak 8 orang. Dengan demikian, simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa modul informasi karir yang dikembangkan dapat digunakan untuk memudahkan guru dalam memberikan layanan BK karir di sekolah.
Kata kunci: Modul, Informasi Karir, Kematangan Karir
Bibliografi: lembar 112-114
SS00009383 | SK 9383 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain