Text
Interaksi Sosial anak kelas satu Sekolah Dasar dengan anak ADHD : Studi kualitatif di SD Negeri Jelambar Baru 05
Interaksi Sosial Antara Anak Kelas 1 Sekolah Dasar dengan Anak ADHD
(Studi Kualitatif di SD Negeri 05 Pagi Jelambar Baru Jakarta Barat )
(2016)
Ghani Lestari Sahroni
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan proses interaksi yang dilakukan oleh anak kelas 1 SD dengan anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SD Negeri 05 Pagi Jelambar Baru, Jakarta Barat, (2) Mendeskripsikan cara berkomunikasi yang dilakukan anak kelas 1 SD dengan anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SD Negeri 05 Pagi Jelambar Baru, Jakarta Barat, (3) Mendeskripsikan anak kelas 1 SD di kelas dapat menerima anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SD Negeri 05 Pagi Jelambar Baru, Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles and Huberman. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian antara lain : (1) Terdapat penolakan kerjasama antara anak kelas 1 SD dengan anak ADHD, terbentuk proses disasosiatif, (2) Anak kelas 1 SD melakukan komunikasi dengan anak ADHD dengan cara menghampiri, mengajak, memberikan instruksi, mengingatkan dengan verbal dan non verbal, (3) Penolakan penyesuaian diri di antara anak kelas 1 SD dengan anak ADHD mengindikasikan tidak terjadi penerimaan sosial di antara anak kelas 1 SD dengan anak ADHD.
Kata kunci: interaksi sosial, anak kelas 1 SD, anak ADHD.
Bibliografi: lembar 116-120
SS00009385 | SK 9385 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain