Text
Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode montessori : penelitian tindakan pada pada kelompok B Taman Kanak-kanak Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/2016
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui metode montessori. Penelitian ini dilakukan pada kelompok B TK Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B TK Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, yang terdiri dari 14 anak. Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari delapan kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah mendapatkan tindakan melalui metode montessori dari pra tindakan 40,71 menjadi 74,02 pada tindakan siklus I dan 85,96 pada akhir siklus II.
Kata kunci : Kemampuan membaca permulaan, metode montessori, anak kelompok B TK Mandiri
Bibliografi : lembar 283-288
TM00001613 | TM 1613 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain