Text
Meningkatkan hasil belajar senam kesegaran jasmani 2012 siswa kelas VIII SMP Saint Nicholas dengan pendekatan penugasan tahun pelajaran 2015/2016 : studi action research dalam meningkatkan hasil belajar SKJ 2012
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK SENAM KESEGARAN
JASMANI 2012 SISWA KELAS VIII SMP SAINT NICHOLAS PANTAI
INDAH KAPUK DENGAN PENDEKATAN PENUGASAN TAHUN
PELAJARAN2015/2016
(Studi Action Research dalam Meningkatkan Penguasaan SKJ 2012)
KHARISMA WIBISONO
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses
pelaksanaan belajar SKJ dengan pendekatan penugasan dalam
meningkatkan hasil belajar SKJ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan mengacu pada model Penelitian Tindakan dari
Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi emat tahap yaitu perencanaan,
tindakan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus
satu terdiri dari 6 kali pertemuan, siklus dua terdiri dari 5 kali pertemuan.
Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif
dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari
siklus pertama dan siklus kedua. Sedangkan analisis data kuantitatif dengan
cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan selama penelitian dengan
langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar melalui
pendekatan penugasan, dapat dibuktikan rata-rata nilai pra siklus adalah 55,
kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat 7,27 % menjadi
59. Selanjutnya dari sklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 20
%dari nilai rata-rata 59 menjadi 71. Sehingga total peningkatan hasil belajar
penguasaan gerak SKJ mulai dari pra tindakan, siklus I sampai siklus II 27%
yaitu 71.
Kata Kunci : Peningkatan, Penguasaan Gerak, Pendekatan Penugasan
Bibliografi : lembar 101-102
TM00001623 | TM 1623 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain