Text
Pengembangan instrumen kecerdasan sosial : penelitian pengembangan instrumen pada anak usia 5-6 tahun di taman kanak -kanak Jakarta Timur DKI Jakarta 2015
ABSTRAK
PENGEMBANGAN INSTRUMEN KECERDASAN SOSIAL ANAK
USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN
INDY ARI PRATIWI
PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta
Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur, E-mail: paud.ppsunj@gmail.com
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen
kecerdasan sosial anak usia 5 sampai 6 tahun. Sampel penelitian ini diambil
dengan menggunakan teknik Multi stage random sampling sebanyak 210
anak di Taman kanak-kanak Jakarta timur. Perkembangan pernyataan dalam
instrumen didasarkan pada pemilihan penilaian rasional item menggunakan
skala likert oleh telaah pakar, draft terdiri dari 42 item, dan 35 item yang
dipilih berdasarkan harga r kritis. Validitas konstruk ditentukan dengan
menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 10 faktor
yang diambil dari data yang diperoleh dengan menggunakan metode
eksplorasi Principal Component Analysis (PCA), yang disesuaikan dengan
faktor perkiraan teoritis menjadi 8 faktor. Metode konfirmasi yang digunakan
adalah kemungkinan maksimum (ML) untuk menguji kekuatan model.
Reliabilitas Alpha Cronbach digunakan menentukan reliabilitas instrument.
Dapat disimpulkan bahwa alat untuk mengukur kecerdasan sosial memiliki
validitas dan reliabilitas yang tepat.
Kata Kunci: Pengembangan Instrumen, Kecerdasan Sosial
Bibliografi : lembar 232-235
TM00001632 | TM 1632 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain