Text
Peningkatan kepercayaan diri anak melalui metode talking stick : penelitian tindakan pada anak kelompok B TK ABA 01 Kabupaten Malang Tahun 2015/2016
PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI
METODE TALKING STICK
(Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B TK ABA 01
Kabupaten Malang, Tahun 2015/2016)
OPSASI OLIVANTINA
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran melalui pelaksanaan metode talking stick yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anak kelompok B TK ABA 01 Kabupaten Malang, Tahun 2015/2016. Subyek penelitian ini berjumlah 14 anak. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model penelitian tindakan Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yakni: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari dua belas kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan observasi, catatan wawancara dan catatan dokumentasi selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari pra tindakan, siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri anak melalui pelaksanaan metode talking stick, dapat dibuktikan dengan rata-rata skor kepercayaan diri anak pada pra tindakan sebesar 22, mengalami peningkatan pada siklus pertama menjadi 28 dan siklus kedua menjadi 41
Kata Kunci: Kepercayaan diri, metode talking stick
Bibliografi : lembar 183-185
TM00001639 | TM 1639 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain