Text
Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan dekorasi : penelitian tindakan pada kelompok B4 di RA Al-Huda Kota Bengkulu tahun ajaran 2015/2016
PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI
KEGIATAN DEKORASI
(Penelitian Tindakan pada Kelompok B4 RA. Al-Huda Kota Bengkulu
Tahun Ajaran 2015/2016
Tri Juli Hajani
PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta
Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur. Email: Trij3059@gmail.com
Abstrak: Penelitian tindakan ini bertujuan untuk menggambarkan proses dari
hasil belajar melalui kegiatan dekorasi dalam upaya meningkatkan
keterampilan motorik halus anak. Model penelitian yang digunakan adalah
Kemmis dan Taggart dengan subjek penelitian sebanyak 12 orang anak,
terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 3 orang anak perempuan pada
kelompok B4 RA. Al-Huda Kota Bengkulu. Penelitian tindakan ini
dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 8 kali
pertemuan. Teknik pengumpuan data yang digunakan dalam penelitian
tindakan ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan
kuantitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk melihat Tingkat Capaian
Perkembangan (TCP) keterampilan motorik halus anak setelah diberikan
tindakan, sedangkan analisis data kualitatif digunakan untuk menjelaskan
hasil penelitian tindakan. Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa
terjadinya peningkatan keterampilan motorik halus anak kelompok B4 RA. Al-
Huda yang dilakukan melalui kegiatan dekorasi.TCP keterampilan motorik
halus anak pada kegiatan pra-siklus sebesar 37,08 berada pada kategori
belum berkembang (BB); pada kegiatan siklus I sebesar 61,17 berada pada
kategori berkembang sesuai harapan (BSH); dan pada kegiatan siklus II
sebesar 80,08 berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB).
Kata Kunci: Motorik Halus, Kegiatan Dekorasi, Penelitian Tindakan.
Bibliografi : lembar 246-250
TM00001640 | TM 1640 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain