Text
Pengaruh metode bermain, metode drill dan motivasi terhadap keterampilan passing bawah bola voli : studi eksperimen pada siswa SMP Negeri 03 Lintau Kab.Tanah Datar Prov.Sumatera Barat Yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli mini
PENGARUH METODE BERMAIN, METODE DRILL DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLAVOLI
(Studi Eksperimen Pada Siswa SMP Negeri 03 Lintau, Kab. Tanah Datar, Prov. Sumatera Barat yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli mini)
ADE KURNIAWAN
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari metode bermain, metode drill, dan motivasi terhadap keterampilan passing bawah bolavoli mini. Studi eksperimen pada siswa SMP N 03 Lintau yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli mini, penelitian ini menggunakan treatment by level 2x2. Berdasarkan pengamatan peneliti terlihat siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli dalam melakukan teknik dasar bolavoli sering kali tidak tepat sasaran, selain itu metode pembelajaran yang diberikan guru membosankan dan individual.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli mini di SMP N 03 Lintau yang berjumlah 48 orang, dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara total sampling yaitu seluruh populasi d jadikan sampel sebanyak 48 orang siswa sesuai tingkatan umur bolavoli mini. Kemudian sampel di rangking dari tertinggi sampai terendah menggunakan teori Verducci (27%x48=12 motivasi tinggi), dan (27%x48=12 motivasi rendah) menggunakan tes akgket, kemudian dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan. Instrument yang digunakan adalah Repeated Volley Test (test passing bawah ke dinding). Data yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tuckey pada tingkat signifikansi α = 0.05.
Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) secara keseluruhan metode bermain memiliki pengaruh yang lebih baik daripada metode drill terhadap keterampilan passing bawah bolavoli., (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi siswa, (3) Pada motivasi tinggi, hasil keterampilan passing bawah bolavoli kelompok metode bermain lebih baik daripada kelompok metode drill, (4) Pada motivasi rendah, hasil keterampilan passing bawah bolavoli kelompok metode bermain lebih rendah daripada kelompok metodedrill.
Catatan kunci: Metode Bermain, Metode Drill, Motivasi Siswa, Passing bawah bolavoli.
Bibliografi : lembar 119-121
TM00001645 | TM 1645 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain