Text
Peningkatan kecerdasan naturalis anak melalui kegiatan berkebun : penelitian tindakan di TK B Embun Pagi Islamic School Kalimalang Jakarta Timur 2015
PENINGKATAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI
KEGIATAN BERKEBUN
Penelitian Tindakan di TK B Embun Pagi Islamic School Kalimalang
Tahun 2015
Yozi Dwikayani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalistik anak
usia dini melalui kegiatan berkebun. Penelitian dilakukan di kelompok B TK Embun
Pagi Islamic School Kalimalang dengan 12 anak-anak. Penelitian ini dilakukan pada
tanggal 3 April sampai 29 Mei 2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
tindakan. Kegunaan dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan
kecerdasan naturalis anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan ketentuan
siklus. Setiap siklus memiliki empat kegiatan utama, perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 8
kali tindakan. Analisis data yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan
kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif untuk
menggambarkan skor responden masing-masing dalam bentuk tabel atau grafik.
Sedangkan analisis data kualitatif digunakan menganalisis data dari catatan
lapangan selama penelitian dengan langkah reduksi data, display data dan verifikasi
data.
Saat dilakukan pra-siklus skor tingkat pencapaian (TCP) kecerdasan naturalis anak
23,13, setelah tindakan siklus I meningkat menjadi 29,96 dan 40,54 siklus II menjadi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kecerdasan naturalistik kelompok anakanak
B1 dilakukan melalui kegiatan berkebun.
Kata kunci: Kecerdasan Naturalis, Berkebun, kegiatan Berkebun
Bibliografi : lembar 180-183
TM00001669 | TM 1669 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain