Text
Peningkatan kemampuan klasifikasi benda melalui penggunaan metode discovery learning : penelitian tindakan pada anak kelompok A di TK Islam Bustanul Haq Ciracas Jakarta Timur Tahun 2016
PENINGKATAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI BENDA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING
(Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok A di TK ISLAM BUSTANUL HAQ Ciracas Jakarta Timur Tahun 2016)
Yetty Isna Wahyuseptiana
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi benda melalui penggunaan metode discovery learning pada anak kelompok A di TK Islam Bustanul Haq Ciracas Jakarta Timur Tahun 2016. Jumlah anak dalam penelitian ini berjumlah 12 anak. Penelitian ini dilakukan pada bulan februari sampai dengan bulan maret tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 8 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahapan perencanaan, tahapan tindakan, tahapan pengamatan, dan tahapan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi catatan lapangan, dan instrumen pemantau tindakan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan klasifikasi benda melalui penggunaan metode discovery learning pada anak kelompok A di TK Islam Bustanul Haq Ciracas Jakarta Timur, hal ini dibuktikan adanya kenaikan rata-rata TCP pada pra siklus sebesar 33,25 dari TCPMax 64 kemudian adanya kenaikan rata-rata TCP pada siklus I sebesar 46,33 dari TCPMax 64 dan adanya kenaikan rata-rata TCP pada siklus II sebesar 50,83 dari TCPMax 64.
Kata Kunci: Kemampuan klasifikasi benda, metode discovery learning
Bibliografi : lembar 302-307
TM00001666 | TM 1666 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain