Text
Pengembangan model pembelajaran servis tenis lapangan berbasis multiple training
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SERVIS TENIS BERBASIS MULTIPLE TRAINING DI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MEDEDAN
SURYA REZEKI SITOMPUL
ABSTRAK
Penelitian ini adalah menciptakan model pembelajaran berbasis multiple training untuk meningkatan kemampuan teknik servis tenis di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan. Penelitian ini adalah merujuk dari penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran servis tenis pada mahasiswa PKR FIK UNIMED. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan model Penelitian dan Pengembangan (R & D) dari Brog dan Gall. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah 38 mahasiswa PKR angkatan 2010. Untuk menguji kefektivitasan pengembangan model pembelajaran servis ini dapat dilihat dari data psikomotorik dan hasil tes servis. Tingkat keefektifitasan model pembelajaran lama sebesar 66% dari kriteria yang diharapkan. Tingkat keefektifitasan model pembelajaran baru sebesar 96% dari kriteria yang diharapkan, artinya mengalami peningkatan 30%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran servis tenis dapat meningkatkan teknik dan hasil servis, (2) model pembelajaran ini lebih efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Servis Tenis
Bibliografi : lembar 170-172
TM00001665 | TM 1665 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain