Text
Peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan media modifikasi alat : penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 1 Palembang
i
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN MEDIA MODOFIKASI ALAT SISWA KELAS VIII.4 SMP NEGERI 1 PALEMBANG
SUSILO NUGROHO1
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar lompat jauh malalui pendekatan media modifikasi alat. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat membantu memecahkan masalah yang dialami dan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan media modifikasi alat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (Action reasert). Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII. 4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Palembang, sampel penelitian ini berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar pengamatan dan data hasil belajar peserta didik yang dilakukan melalui tes hasil belajar. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar lompat jauh pada siklus kedua dengan menggunakan pendekatan media modifikasi alat kotak dan matras sebesar 85% atau 24 siswa. Siklus pertama dengan menggunakan media modifikasi alat bola yang diikat ditiang dalam pembelajaran lompat jauh meningkat 71% atau 20 siswa dari 53,6 % atau 15 siswa di data awal. Jadi peningkatan dari data awal 53,6 % atau siswa setelah dilakukan siklus kedua meningkat 85% atau 24 siswa.
Kata kunci: penelitian tindakan, media modifikasi alat, hasil belajar lompat jauh
Bibliografi : lembar 99-101
TM00001661 | TM 1661 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain