Text
Pengaruh antara disiplin dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada siswa di SMK Diponogoro 1 Jakarta
ABSTRAK
ASRI DAMAYANTI. 8105120489. Pengaruh Antara Disiplin dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Di SMK Diponegoro 1 Jakarta.
Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara disiplin dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada siswa di SMK Diponegoro 1 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan terhitung mulai bulan Februari
sampai bulan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Diponegoro 1 Jakarta yang berjumlah 274 siswa, dengan populasi terjangkaunya
adalah siswa kelas X semua jurusan di SMK Diponegoro 1 Jakarta, yang berjumlah 100 siswa. Dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel acak proporsional, maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen dan kuesioner.
Berdasarkan uji persyaratan analisis data, bahwa data telah berdisitribusi normal dan memiliki hubungan yang linier. Kemudian berdasarkan uji asumsi klasiknya pada uji multikolinearitas terdapat nilai tolerance dari disiplin dan lingkungan keluarga adalah 0,823 > 0,1 serta nilai VIF sebesar 1,214 < 10. Sedangkan hasil uji heterokedastisitas melalui uji glejser, nilai signifikansi dari disiplin 0,775 > 0,05 dan lingkungan
keluarga 0,901 > 0,05. Selanjutnya model persamaan regresi yang didapat adalah Ý = 28,667 + 0,317 X1 + 0,197 X2. Lebih lanjut lagi, berdasarkan hasil uji hipotesisnya terdiri dari uji F dan uji T. Pertama, berdasarkan hasil uji F maka (Fhitumg > Ftabel),
yaitu sebesar 37,928 > 3,12. Kedua, berdasarkan hasil uji T maka secara parsial
variabel disiplin memiliki Thitung = 5,160 dan lingkungan keluarga memiliki Thitung = 4,199 dengan Ttabel sebesar 1,668. Jadi Thitung > Ttabel artinya H0 ditolak, sehingga
dapat diambil kesimpulan bahwa baik disiplin dan lingkungan keluarga, keduanya memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar. Dan berdasarkan uji koefisien determinasi, disiplin dan lingkungan keluarga secara bersama-sama
berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 50,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan indikator terendah dari disiplin adalah mematuhi
peraturan, oleh sebab itu seharusnya sekolah memberikan pengawasan yang ekstra, memberikan sanksi yang tegas dan guru menanamkan nilai kedisiplinan kepada siswa. Sedangkan indikator terendah pada lingkungan keluarga adalah faktor
psikologis dengan sub indikatornya yaitu hubungan antar anggota keluarga, sehingga peran lingkungan keluarga khususnya orang tua disarankan untuk mengupayakan dalam menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis, menjalin komunikasi yang
baik, serta orang tua berusaha memberikan kepercayaan kepada anak.
Kata kunci: Disiplin, Lingkungan Keluarga dan Hasil Belajar
Bibliografi : lembar 122-125
SS00009407 | SK 9407 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain