Text
Hubungan penilaian pembelajaran berdasarkan perspektif siswa dengan motivasi belajar PPKN siswa kelas VIII di SMP Negeri 186 Jakarta
ABSTRAK
Atika Dewi Lestari, Hubungan Antara Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Perspektif Siswa dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 186 Jakarta. Program Studi PPKN, Jurusan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Mei 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai hubungan antara penilaian pembelajaran dengan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai April 2016. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif metode korelasional dan sampel sebanyak 80 siswa dengan teknik pengambilan simple random sampling.
Dalam pengujian normalitas variabel X atas Y = 0,061 < 0,099, uji normalitas Y atas X = 0,057 < 0,099, dapat disimpulkan kedua data berdistribusi normal dan H0diterima. Pengujian persyaratan analisis dilakukan untuk mendapatkan rumus persamaan regresi yang didapatkan Ŷ = 37,94 + 0,463x. Nilai Fhitung59,39 dan nilai Ftabel3,98. Karena nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel 64,51> 3,98, disimpulkan bahwa memiliki arah regresi yang signifikan.
Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi produk moment, didapatkan rhitung0,657 dan rtabel 0,220 dapat disimpulkan H0ditolak dan H1 diterima. Penerapan penilaian pembelajarandapat memberikan kontribusi sebesar 43,23% terhadap motivasi belajar siswa. Uji keberartian korelasi menggunakan uji t mendapatkan nilai thitung7,71. Dalam taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan sebesar 78, nilai ttabel1,67. Dengan demikian, nilai thitung>ttabel(7,71> 1,67). Hal ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara variabel Penilaian Pembelajaran dengan Motivasi Belajar.
Kata Kunci : penilaian Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hubungan
Bibliografi : lembar 68-70
SS00009416 | SK 9416 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain