Text
Hubungan kecerdasan moral dengan perilaku empati siswa : studi di kelas VII SMP Negeri 198 Jakarta
ABSTRAK
DINA NOVIA SANDY, Hubungan Kecerdasan Moral Dengan Perilaku Empati Siswa. Program Studi PPKN, Jurusan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. Mei 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai hubungan kecerdasan moral dengan perilaku empati siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai April 2016. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif metode korelasional dan sampel sebanyak 50 siswa dengan teknik pengambilan simple random sampling.
Dalam pengujian normalitas variabel X atas Y = 0,060 < 0,125, uji normalitas Y atas X = 0,088 < 0,125, dapat disimpulkan kedua data berdistribusi normal dan H0 diterima. Pengujian persyaratan analisis dilakukan untuk mendapatkan rumus persamaan regresi yang didapatkan Ŷ = 51,30 + 0,500x. Nilai Fhitung 30,80 dan nilai Ftabel 4,04. Karena nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel 30,80 > 4,04, disimpulkan bahwa memiliki arah regresi yang signifikan.
Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi produk momen, didapatkan rhitung 0,625 dan rtabel 0,279 dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Kecerdasan Moral memberikan kontribusi sebesar 39,09% terhadap perilaku empati siswa disekolah yang diinterpretasikan bahwa variabel kecerdasan moral mempunyai pengaruh yang cukup berarti terhadap perilaku empati siswa. Uji keberartian korelasi menggunakan uji - t mendapatkan nilai thitung 5,55. Dalam taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan sebesar 48, nilai ttabel 1,68. Dengan demikian, nilai thitung > ttabel (5,55 > 1,68). Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif antara variabel Kecerdasan Moral dengan Perilaku Empati Siswa di sekolah.
Kata Kunci : Kecerdasan Moral, Perilaku Empati Siswa
Bibliografi: lembar 64-65
SS00009475 | SK 9475 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain