Text
Kegiatan ekstrakurikuler rohis dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa : studi kualitatif di Sekolah SMA 22 Negeri Jakarta Timur
ABSTRAK
ARISMA AULIA, Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Dalam Membentuk
Kecerdasan Spiritual Siswa SMA Negeri 22 Jakarta, Kecamatan Matraman.
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Sosial
Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini berujuan untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakurikuler
rohis dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa di SMA N 22 Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan mulai Bulan April 2016 sampai
Bulan Mei 2016.
Metode yang digunakan adalah metode kulitatif sumber data penelitian
tersebut yang meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data
data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, dan
catatan lapangan. Dan untuk mengetahui validitas data peneliti menggunakan
teknik trigulasi, sedangkan untuk teknik keabsahan data peneliti menggunakan
teknik catatan lapangan, teknik pengumpulan dan wawancara key dan informan,
sedangkan untuk menganalisis data peneliti melakukan beberapa tahap untu
menganalisis data, tahap menganalisis data itu meliputi reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan dapat
disimpulkan bahwa Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Dalam Membentuk
Kecerdasan Spiritual Siswa sudah berjalan sangat baik. Hal ini bisa dilihat dari
kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler rohis yang sangat berpengaruh positif dalam
membentuk kecerdasan spiritual siswa.
Kata Kunci : Ekstrakurikuler Rohis SMA Negeri 22 Jakarta, Kecerdasan spiritual
Bibliografi: lembar 64-66
SS00009476 | SK 9476 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain