Text
Aktivitas Komunitas peduli pendidikan anak jalanan (Koppaja) dalam membentuk moral anak jalanan : studi Deskriptif di komunitas peduli pendidikan anak jalanan (KOPPAJA) Bekasi Jawa Barat
ABSTRAK
Wiwik Yuliana, Aktivitas Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (KOPPAJA) dalam Membentuk Moral Anak Jalanan (Studi Deskriptif di Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (KOPPAJA) Bekasi, Jawa Barat). Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran atau informasi mengenai aktivitas Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (KOPPAJA) di Kavling Agraria, Jalan Agraria Raya 1 RT. 01 RW. 26, Kayuringin, Bekasi, Jawa Barat dalam membentuk moral anak jalanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah dengan tahap reduksi data, penyajian data dan kemudia dibuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan (KOPPAJA) telah melaksanakan pembentukan moral anak jalanan. KOPPAJA melakukan pembentukan moral melalui berbagai aktivitas, aktivitas tersebut meliputi aktivitas fisik dan psikis. Aktivitas fisik antara lain aktivitas membaca dan memperhatikan, aktivitas berbicara dan mendengarkan, aktivitas menulis dan menggambar, serta aktivitas bergerak. Sedangkan aktivitas psikis antara lain aktivitas mental dan aktivitas gerakan jiwa. Kegiatan yang terdapat di KOPPAJA antara lain pelatihan kejuruan, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pengajian, membaca Al-Qur’an atau Iqra, olahraga dan keterampilan. Dan didalam kegiatan tersebut terdapat nilai-nilai moral yang ditanamkan oleh KOPPAJA.
Kesimpulan yang di dapat dari hasil penelitian ialah bahwa melalui aktivitas berbicara dan mendengarkan pembentukan moral yang dilakukan oleh KOPPAJA memiliki peranan yang sangat besar dibanding aktivitas yang lainnya karena di dalam aktivitas berbicara dan mendengarkan mampu mencangkup banyak nilai-nilai moral di dalamnya seperti cinta kedamaian, rendah hati, empati, kontrol diri, hati nurani dan harga diri. Meskipun kegiatan yang diberikan berupa
iii
kegiatan informal namun kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh KOPPAJA dapat memberikan manfaat khususnya pembentukan moral anak jalanan.
Bibliografi: lembar 84-85
SS00009479 | SK 9479 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain