Text
Pengaruh model problem based learning terhadap kreativitas berpikir siswa dalam pembelajaran PPKN : studi eksperimen di SMA Negeri 35 Jakarta
ABSTRAK
Fadhlan Arfan. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kreativitas Berpikir Siswa Dalam Pembelajaran PPKn di Kelas XI di SMA Negeri 35 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Problem Based Learning terhadap Kreativitas Berpikir Siswa dalam pembelajaran PPKn. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data yaitu dengan uji post test kepada siswa dan menggunakan Microsoft Excel 2010 berupa uji t.
Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji normalitas diperoleh Post Test kelompok eksperimen dengan Lhitung 0,079 < Ltabel 0,159 dan Post Test kelompok kontrol diperoleh Lhitung 0,132 < Ltabel 0,159. Dengan demikian dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Kemudian uji homogenitas diperoleh Fhitung 0,97 < Ftabel 1,84, maka variansi populasi antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol adalah homogen.
Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan uji-t didapat bahwa hasil pengujian pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung sebesar 7,114 dengan taraf signifikan 0,05 dengan df (n-2) = (62-2) = 60 adalah 2,00, maka thitung (7,114) > (2,00). Dapat diketahui terdapat pengaruh antara Model Problem Based Learning terhadap Kreativitas Berpikir Siswa.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Kreativitas Berpikir Siswa.
Bibliografi : lembar 66-67
SS00009418 | SK 9418 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain