Text
Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran menggambar teknik (studi kasus siswa kelas X TGB SMKN 1 Jakarta)
ABSTRAK
Muhammad Rizki. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Menggambar Teknik (Studi kasus siswa kelas X TGB SMK Negeri 1 Jakarta). Skripsi. Jakarta : Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terhadap mata pelajaran Menggambar Teknik yang dialami oleh siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Jakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Populasi adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan sejumlah 58 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan angket dengan memiliki 4 alternatif jawaban lalu dianalisis dengan metode analisis faktor dengan menggunakan software Excel 2010. Analisis uji coba instrumen dilakukan terhadap validitas dan reliabilitas, dimana dari hasil pengujian terdapat 26 item yang dinyatakan valid dari 30 item dengan hasil reliabilitas r11 = 0,899.
Hasil persentase yang didapat oleh masing-masing faktor yang diteliti menjelaskan secara keseluruhan dari faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa untuk faktor fisiologis mendapat kategori rendah dengan nilai 16%, sedangkan untuk faktor psikologis berada pada kategori sangat rendah dengan nilai 13% pada kondisi psikologis dan faktor lingkungan memiliki nilai sebesar 71% yang terdiri dari lingkungan keluarga 18%, lingkungan sekolah 27% dan lingkungan masyarakat 26%,.
Bibliografi : lembar 61-62
SS00009427 | SK 9427 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain