Text
Perbedaan model pembelajaran kooperatif : think-pair-share dengan model pembelajaran diskusi : syndicate group pada hasil belajar siswa kelas X TKJ mata pelajaran jaringan dasar di SMKN 26 Jakarta
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF: THINK-PAIR-SHARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI: SYNDICATE GROUP PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR DI SMKN 26 JAKARTA MIFTHAHUL RACHMAWATI
ABSTRAK
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan Model Pembelajaran Diskusi tipe Syndicate Group terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Jaringan Dasar kelas X TKJ di SMK Negeri 26 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari – Maret 2016, menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest Design. Think-Pair-Share diterapkan di kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan Syndicate Group diterapkan di kelas X TKJ 1 sebagai kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 26 Jakarta. Sampel diambil dengan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda secara pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf siginifikansi sebesar 5% untuk kedua kelas baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Dari data hasil perhitungan statistik menggunakan uji-t yang dilakukan terhadap hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh
SS00009429 | SK 9429 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain