Text
Aplikasi augmented reality katalog online shopping berbasis android: studi kasus pada akun online shop @gongjucastle di media sosial instagram
APLIKASI AUGMENTED REALITY KATALOG ONLINE SHOPPING BERBASIS ANDROID : STUDI KASUS PADA AKUN ONLINE SHOP @GONGJUCASTLE DI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM AN NISAA NURUL SABILLA
ABSTRAK
Persaingan di dunia bisnis dewasa ini sangatlah ketat terutama bidang bisnis online hal itu menjadikan banyak perusahaan atau pelaku bisnis berlomba-lomba dalam menciptakan strategi penjualan yang kreatif dan inovatif. Saat menganalisis kebutuhan, peneliti membuat kuesioner tentang pengalaman berbelanja online dan hasil dari kuesioner tersebut sebanyak 74,1% responden pernah merasa kecewa dengan barang yang mereka beli secara online dan sebanyak 66,7% responden merasa kesulitan dalam membanyangkan bentuk asli dari barang yang ingin dibeli. Selain itu, Akun @GongjuCastle di sosial media Instagram yang peneliti gunakan sebagai objek penelitian, belakangan ini mengalami penurunan penjualan yang drastis. Maka dari itu untuk menarik minat pembeli serta membantu calon pembeli untuk mendapatkan visualisasi 3 dimensi, peneliti membuat aplikasi Augmented Reality. Aplikasi ini dapat menampilkan visualisasi 3 dimensi dari produk sepatu yang terdapat di katalog @GongjuCastle. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat menarik minat pembeli sehingga nantinya akan berpengaruh pada peningkatkan penjualan produk sepatu pada akun online shop @GongjuCastle di sosial media Instagram. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian, Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Setelah membuat aplikasi Augmented Reality yang didukung dengan media katalog selanjutya aplikasi dan katalog tersebut diuji kelayakannya oleh ahli media. Hasil kelayakan uji aplikasi didapat skor 100% skor tersebut termasuk kedalam kategori sangat baik dan layak untuk di gunakan oleh calon pembeli. Sedangkan, hasil uji kelayakan katalog berdasarkan prinsip dan unsur desain mendapat skor sebesar 92,3% skor tersebut termasuk kedalam kategori sangat baik dan layak untuk digunakan oleh calon pembeli. Hasil uji coba aplikasi dan katalog yang dilakukan oleh responden mendapat hasil 88,22% skor tersebut termasuk kedalam kategori sangat baik dan aplikasi ini sudah layak untuk digunakan oleh ruang lingkup yang lebih luas. Kata Kunci: Aplikasi, Android, Augmented Reality, online shop, Instagram.
Bibliografi : lembar 94-95
SS00009435 | SK 9435 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain