Text
Penanaman civic skills bagi siswa dalam pembelajaran PPKN (studi di SMA Negeri 61 Jakarta)
ABSTRAK
DIAH RAMADHANIZ PUTRIE, Penanaman Civic Skills bagi siswa dalam Pembelajaran PPKn (Studi di SMA Negeri 61 Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Mei 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman civic skills dalam pelajaran PPKn yang diterapkan oleh Guru PPKn di SMA Negeri 61 Jakarta. SMA Negeri 61 Jakarta merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kegiatan-kegiatan tertentu dalam penanaman civic skills peserta didik. Penelitian ini dimulai pada bulan Februari hingga Mei 2016.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Alat yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, serta wawancara yang dilakukan kepada informan dan key informan yang ada di SMA Negeri 61 Jakarta. Wawancara diakukan kepada beberapa siswa dari beberapa kelas dengan menggunakan random sampling. Serta dengan menambahkan dua key informan yaitu Guru PPKn SMA Negeri 61 Jakarta dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 61 Jakarta. Setelah itu dilengkapi oleh pendapat ahli yaitu Dosen Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Jakarta.
Hasil yang diperoleh adalah beberapa kategori dalam civic skills yang dimiliki oleh siswa SMA Negeri 61 Jakarta. Beberapa kategori yang diamati melalui observasi serta hasil wawancara yang membuktikannya, dan bisa terlihat pada saat proses pembelajaran di kelas. Pesera didik sudah mampu mengorganisasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengambilan keputusan bersama setiap kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Selain itu peserta didik juga sudah mampu berpikir kritis terhadap kebijakan atau peraturan baru yang di keluarkan pihak sekolah.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah SMA Negeri 61 Jakarta telah menerapkan penanaman civic skills untuk peserta didiknya. Beberapa kategori yang diterapkan seperti kegiatan dalam mengorganisasi, mengkomunikasi, pengambilan keputusan bersama dan berpikir kritis siswa melalui praktik kegiatan tertentu dalam proses pembelajarannya. Maka Guru PPKn dan pihak sekolah SMA Negeri 61 Jakarta memiliki peranan dalam penanaman civic skills siswa. Pihak sekolah sudah berusaha untuk mencetak seorang warga negara yang memiliki sikap dan perilaku sebagai warga negara yang baik dan berguna di masa depannya.
Kata kunci: civic skills, Pelajaran PPKn, SMA Negeri 61 Jakarta, Pendidikan.
Bibliografi : lembar 65
SS00009421 | SK 9421 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain