Text
Karakteristik pembelajaran tari lipet gandes di Sanggar Sinar Seli Asih Kota Bekasi
ABSTRAK
JULIA LESTARI, 2016. Proses Pembelajaran Tari Lipet Gandes Di Sanggar Sinar Seli Asih Kota Bekasi. Skripsi. Program Studi Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Lipet Gandes merupakan bagian dari pertunjukan Topeng Betawi yang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri dalam pementasannya, yaitu terdiri dari gabungan beberapa cabang seni, antara lain seni tari, seni musik dan drama. Hal ini menarik Pemerintah Provinsi untuk mengadakan regenerasi terhadap pertunjukan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran tari Lipet Gandes dan bentuk penyajian setelah ada proses pembelajaran di Sanggar Sinar Seli Asih. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik. Proses penelitian ini berlangsung dari Oktober 2014 sampai dengan Desember 2015 dimulai dari pengumpulan data, analisis hingga proses penulisan. Teori yang digunakan adalah teori pembelajaran non formal Ishak Abdulhak. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan non formal di sanggar Sinar Seli Asih memiliki karakteristik sebagai berikut : 1) memperoleh keterampilan yang akan segera digunakan. Sesuai dengan kebutuhan peserta didik. 2) pembelajarannya berpusat pada peserta didik. 3) waktu penyelenggaraan relative singkat. 4) proses pembelajarannya menggunakan kurikulum kafetaria yang bersifat fleksibel. 5) menggunakan metode pembelajaran pertisipatif. 6) hubungan pendidik dan peserta didik bersifat mendatar.
Kata Kunci : Karakteristik Pembelajaran Tari, Lipet Gandes.
ABSTRACT
JULIA LESTARI, 2016. Proses Pembelajaran Tari Lipet Gandes Di Sanggar Sinar Seli Asih Kota Bekasi. Thesis. Departement of Sendratasik, Faculty of Language and Arts. State University of Jakarta.
Lipet Gandes is a part of Topeng Betawi performance, which is have a speciality and uniqueness all of the show, that is consist of some combination of arts department inter-alia dance, music and drama. This is draw out the province government to organize the regeneration of this performance. The purpose of this study is to find out the dance learning process of Lipet Gandes and to know how the presentation type after the present of learning process at Sanggar Sinar Seli Asih. This research employ analityc descriptive research design. The research process started from October 2014 until December 2015, starting from collect the data, analysis until process of writing. This research use the non formal learing theory by Ishak Abdulhak. Result of this research is non formal education at Sanggar Sinar Seli Asih have the character which is : 1) acquire a skills appropriate to students requirement. 2) the learning centre on the students. 3) time of the implementation is short in time as relative. 4) the learning process use kaferatia curriculum what have fleksible character. 5) use learning method of pertisipatif. 6) the relation between teacher and students character flat.
Key Words : Dance learning character, Lipet Gandes.
Bibliografi : lembar 74-75
SS00009305 | SK 9305 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain