Text
Kegiatan pembelajaran musik bagi peserta didik untuk kelas 8.1 dan 8.5 di SMP tarakanita 4, Rawamangun semester genap tahun ajaran 2014/2015
ABSTRAK
Natasha Adeline Kusuma. Kegiatan Pembelajaran Musik Bagi Peserta Didik Untuk kelas 8.1 dan 8.5 di SMP Tarakanita 4, Rawamangun Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 Skripsi, Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran musik yang ada dikelas 8.1 dan 8.5.
Metode Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pelajaran seni musik dan siswa-siswi kelas 8.1 dan 8.5 di SMP Tarakanita 4, Rawamangun. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan tentang proses pembelajaran, materi yang diajarkan, kendala siswa dan guru serta metode pembelajaran . Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Materi yang diajarkan yaitu pembelajaran angklung, pembelajaran pergelaran seni dan pembelajaran pianika dan recorder. 2) Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran seni musik yaitu metode ceramah , metode demonstrasi , metode tanya jawab , metode audiovisual , metode kerja kelompok dan metode drill. 3) Pada tahap pembukaan proses pembelajaran angklung di kelas 8.1 dan 8.5 terdapat adanya perbedaan yaitu dalam pembelajaran angklung kelas 8.1 guru membagi kelompok menjadi 3, sedangkan pembelajaran angklung di kelas 8.5 tidak ada pembagian kelompok angklung dan pada pembelajaran angklung di kelas 8.1 diselingi dengan adanya pengambilan nilai menyanyi bagi peserta didik yang belum mengambil nilai menyanyi baik individu ataupun kelompok. 4) kendala yang dialami peserta didik dan guru adalah peserta didik kurang bisa memahami pembelajaran yang diajarkan oleh guru, peserta didik kurang menguasai teknik bermain pianika ataupun recorder serta teknik bermain angklung, siswa banyak yang tidak membawa alat musik selain itu siswa kurang menguasai teori musik sedangkan kendala yang dialami guru adalah sulit untuk mengendalikan kelas yang gaduh, guru tidak mengajarkan musik secara maksimal dikarenakan alokasi waktu yang sangat sedikit dan ketidaksesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP.
Kata kunci : kegiatan, pembelajaran, musik , peserta didik kelas 8.1 dan 8.5
Bibliografi : lembar 95-96
SS00009301 | SK 9301 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain