Text
Pengaruh premi dan kepercayaan terhadap nilai dan dampaknya terhadap loyalitas nasabah yang mempengaruhi retensi nasabah : Studi kasus pada nasabah PT. Prudential life assurance agency pru Victory
ABSTRAK
Siti Mudrika, 2016; Pengaruh Premi dan Kepercayaan terhadap Nilai dan
Dampaknya terhadap Loyalitas Nasabah yang Mempengaruhi Retensi
Nasabah: Studi Kasus pada Nasabah PT Prudential Life Assurance, Jakarta:
Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Program Studi S1 Manajemen,
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Tim
Pembimbing: Dr. Mohamad Rizan, SE, MM & Usep Suhud, M.Si, Ph.D
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh premi dan
kepercayaan terhadap nilai, pengaruh nilai terhadap loyalitas nasabah, serta
pengaruh loyalitas nasabah terhadap retensi nasabah PT Prudential Life
Assurance. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kausal,
sedangkan teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling
technique. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei. Populasi
dalam penelitian ini adalah nasabah Prudential yang sudah memiliki polis asuransi
lebih dari satu tahun di Indonesia. Total sampel pada penelitian ini berjumlah 258
orang. Pilot studi dilakukan kepada 50 orang responden. Alat analisis yang
digunakan adalah SPSS 19 dan AMOS 22. Hasil faktor analisis melaporkan
terdapat lima variabel yaitu variabel premi dengan lima indikator, variabel
kepercayaan dengan dua dimensi dan sembilan belas indikator, variabel nilai
dengan tujuh indikator, variabel loyalitas nasabah dengan dua dimensi dan
sepuluh indikator, variabel retensi nasabah dengan enam indikator. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa variabel premi berpengaruh negatif dan tidak
signifikan terhadap nilai, variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap nilai, nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, serta
loyalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi nasabah. Nilai fit
model dengan P sebesar 0,050, nilai CMIN/DF sebesar 1,297, nilai TLI sebesar
0,978, nilai CFI sebesar 0,984 dan nilai RMSEA sebesar 0,034. Hasil penelitian
ini bermanfaat bagi bisnis asuransi, untuk membuat strategi yang lebih baik dalam
meningkatkan dan mempertahankan retensi nasabah.
Kata kunci : premi, kepercayaan, nilai, loyalitas nasabah, retensi nasabah.
Bibliografi: lembar 106-108
SS00009486 | SK 9486 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain