Text
Hubungan antara penerapan moving claas (kelas bergerak) dengan hasil belajar PPKN : studi korelasional di SMA Negeri 1 Jakarta
ABSTRAK
ADAM SOEPIAN. Hubungan Antara Penerapan Moving Class Dengan Hasil Belajar PPKn (Studi Korelasional di SMA Negeri 1 Jakarta). Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil berdasarkan data atau fakta yang sah (valid), benar dan dapat dipercaya tentang apakah terdapat hubungan antara penerapan Moving Class dengan Hasil Belajar PPKn di SMA Negeri 1 Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Jakarta kelas XI IPS pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 selama 4 bulan terhitung sejak bulan Februari 2016 – Mei 2016. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode korelasional yaitu menghubungkan variabel X dan variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jakarta sebanyak 4 kelas berjumlah 144 siswa. Pengambilan dilakukan dengan secara acak atau simple random sampling, yaitu sebanyak 54 siswa.
Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji linieritas dengan persamaan regresi yang kemudian didapatŶ = 2,04 + 0,228X. Selanjutnya uji normalitas menggunakan rumus liliefors dan diperoleh pada Variabel Y = 0,117 sedangkan = 0,121, maka < . Kemudian pada Variabel X diperoleh = 0,064 dibandingkan dengan = 0,121, maka < . Dengan demikian hal ini menyatakan Variabel X dan Variabel Y berdistribusi normal. Peneliti selanjutnya melakukan uji hipotesis yang dimaksudkan untuk mencari keberartian regresi, sehingga diperoleh Fhitung =38,77 >Ftabel= 4,02 . Hal ini menunjukan bahwa regresi yang diperoleh adalah berarti. Sedangkan uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 1,20 < Ftabel = 1,94, dengan ini menunjukan bahwa model regresi linier.
Selanjutnya peneliti melakukan uji koefisien product moment yang menghasilkan rxy2 sebesar 0,654. Kemudian dilanjutkan dengan Uji-t dan diperoleh thitung = 6,23 sedangkan ttabel = 1,68 berarti thitung > ttabel. Dari perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penerapan moving class dengan hasil belajar PPKn. Untuk uji koefisien determinasi diperoleh KD sebesar 42,71% Variabel Y ditentukan oleh Variabel X.
Kata Kunci : Penerapan Moving Class, Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bibliografi : lembar 60-61
SS00009423 | SK 9423 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain