Text
Hubungan antara hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dengan kemampuan bersosialisasi siswa di SMPN 6 Jakarta
ABSTRAK
ADE SISKA NOVITASARI. Hubungan Antara Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan Kemampuan Bersosialisasi Siswa SMP Negeri 6 Jakarta. Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Mei 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai hubungan antara hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dengan kemampuan bersosialisasi siswa yang dilakukan pada bulan Februari sampai April 2016 dengan menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling, jumlah sampel 80 orang siswa.
Dalam pengujian normalitas variabel X diperoleh Fhitung = 0,095 < Ftabel 0,0991, uji normalitas Y diperoleh Fhitung = 0,0686 < Ftabel 0,0991, dapat disimpulkan kedua data berdistribusi normal dan H0 diterima. Pengujian persyaratan analisis dilakukan untuk mendapatkan rumus persamaan regresi yang didapatkan Ŷ = 68,29 + 1,4142X. Dan untuk uji linearitas diperoleh Fhitung sebesar 1,64 dan Ftabel 1,90 karena Fhitung 1,64 < Ftabel 1,90 maka model regresi dikatakan linear.
Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi produk moment, didapatkan rhitung 0,659 dan rtabel 0,220 dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dapat memberikan kontribusi sebesar 43,49% terhadap kemampuan bersosialisasi siswa. Uji keberartian korelasi menggunakan uji t mendapatkan nilai thitung 7,742. Dalam taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan sebesar 78, nilai ttabel 1,665. Dengan demikian, nilai thitung > ttabel (7,742 > 1,665). Hal ini menunjukkan adanya terdapat hubungan positif antara variabel Hasil Belajar PKn dengan Kemampuan Bersosialisasi Siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Kemampuan Bersosialisasi
Bibliografi : lembar 58-59
SS00009424 | SK 9424 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain