Text
Pengaruh kemandirian dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jakarta Pusat
ABSTRAK
Randi Ramdani Pratama. “Pengaruh Kemandirian dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jakarta Pusat”. Skripsi. Pendidikan Ekonomi Koperasi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2016. Dosen Pembimbing: Sri Indah Nikensari, SE, M.Si dan Ari Saptono, SE, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa MAN 3 Jakarta Pusat. Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan ilmu sosial (IS) kelas X (sepuluh) yang berjumlah 71 siswa, kelas XI (sebelas) yang berjumlah 72 siswa, dan kelas XII (dua belas) yang berjumlah 76 siswa, sehingga jumlah keseluruhan siswa jurusan ilmu sosial (IS) di MAN 3 Jakarta adalah 219 siswa. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IS MAN 3 Jakarta Pusat yang berjumlah 72 siswa, terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik pengambilan sampel apabila semua populasi digunakan sebagai sampel dan dikenal juga dengan istilah sensus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda menggunakan software SPSS 20.0. Berdasarkan hasil output SPSS didapat persamaan regresi: Ŷ = 27,386 + 0,072X1 + 0,414X2 dan diketahui bahwa kemandirian belajar (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi (Y) dengan thitung (0,551) < ttabel (1,994). Disiplin belajar (X2) secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi (Y) dengan diketahui diketahui thitung (3,160) > ttabel (1,994). Berdasarkan hasil uji F pada α = 5% diketahui Fhitung (8,381) > Ftabel (3,13), maka dapat dikatakan bahwa kemandirian dan disiplin belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,195. Dengan demikian dapat diartikan bahwa 19,5% variasi hasil belajar ekonomi dapat dijelaskan oleh kemandirian dan disiplin belajar, sedangkan sisanya sebesar 80,5% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Ekonomi.
Bibliografi : lembar 75-77
SS00009452 | SK 9452 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain