Text
Hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar pengantar akuntansi pada peserta didik kelas X SMK Negeri 46 di Jakarta
ABSTRAK
OCKY SULISTIANINGSIH. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Hasil
Belajar Pengantar Akuntansi pada Peserta Didik kelas X SMK Negeri 46 di
Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Jakarta. Juni 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara
konsep diri dengan hasil belajar Pengantar Akuntansi pada peserta didik kelas X
SMK Negeri 46 di Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung
mulai bulan Maret 2016 sampai dengan bulan Mei 2016. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 46 di Jakarta yang
berjumlah 215 peserta didik. Berdasarkan tabel populasi dan sampel dengan taraf
kesalah 5% maka diperoleh sampel sebanyak 131 peserta didik dengan
menggunakan teknik acak sederhana. Data dari variabel X tentang konsep diri
merupakan data primer berbentuk kuesioner dan variabel Y tentang hasil belajar
merupakan data sekunder berupa nilai Ulangan Akhir Semester (UAS). Uji
persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi
yang didapat adalah Ŷ = 17,96 + 0,354X. Hasil uji normalitas liliefors
menghasilkan Lhitung = 0,074 dan Ltabel = 0,077 pada taraf signifikansi (a) = 0.05
untuk jumlah sampel (n) 131. Karena Lhitung= (0,074) < Ltabel = (0,077) maka
variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian
regresi menghasilkan Fhitung (26,00) > Ftabel (3,92), yang berarti persamaan regresi
tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,20) < Ftabel
(1,51), sehingga Fhitung< Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa model persamaan
regresi adalah linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rhitung =
0,410. Uji-t menghasilkan thitung (5,10) > ttabel (1,66). Dengan demikian dapat
dinyatakan koefisien korelasi rxy = 0,410 adalah signifikan. Koefisien determinasi
yang diperoleh sebesar 16,77% menunjukkan bahwa 16,77% variasi hasil belajar
ditentukan oleh konsep diri dan sisanya 83,23% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar
Pengantar Akuntansi pada peserta didik kelas X SMK Negeri 46 di Jakarta.
Kata Kunci: Konsep Diri, Hasil Belajar
Bibliografi lembar 80-81
SS00009457 | SK 9457 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain