Text
Pengaruh Persepsi Siswa tentang keterampilan mengajar Guru terhadap minat belajar Siswa pada mata pelajaran pengantar Akuntansi kelas X SMK Negeri 40 Jakarta Timur
ABSTRAK
NIDA NURBAITI. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X SMK Negeri 40 Jakarta Timur. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X SMK Negeri 40 Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi, X Administrasi Perkantoran, dan kelas X Pemasaran di SMK Negeri 40 Jakarta Timur yang berjumlah 135 orang siswa dengan sampel 100 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Ŷ = 57,29 + 0,52 X. Dapat dilihat dari hasil analisis data menunjukkan nilai thitung sebesar 5,00 lebih besar dari ttabel sebesar 1,98. Hasil analisis data menunjukkan nilai Fhitung sebesar 24,96 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,94. Terdapat pengaruh yang positif antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,451 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 20,30%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa.
Kata Kunci: Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar
Bibliografi: lembar 101-102
SS00009559 | SK 9559 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain