Text
Pengembangan model pembelajaran gerak dasar lompat bagi siswa kelas II sekolah dasar
RENY DEVI RUSFRIYANTI
ABSTRAK
Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar lompat bagi siswa kelas IISekolah Dasar. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: pengembangan dan penerapan model pembelajaran menggunakan alat-alat sederhana dengan permainan bagi siswa kelas II Sekolah Dasar dan mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik hasil pengembangan pembelajaran gerak dasar lompat bagi siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode Penelitian pengembangan Research & Development (R & D). Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Cikole 3 yang berjumlah 30 orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket, kuisioner, serta instrumen psikomotorik lompat yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes psikomotorik lompat, sedangkan untuk melihat hasil efektifitas model digunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji-t berkorelasi dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil perhitungan uji t didapatkan t-hitung 11,13 sedangkan t-tabel 1,77 hal ini berarti Ha diterima sehingga model pembelajaran gerak dasar lompat lebih baik dari model pembelajaran konvensional.Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran gerak dasar lompat, siswa dapat belajar secara efektif dan efisien.(2) Dengan model pembelajaran yang telah peneliti kembangkan, siswa lebih termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.Kata kunci: analisis kebutuhan, pengembangan model pembelajaran gerak dasar lompat, efektifitas.
Bibliografi : lembar 170-172
TM00004674 | TM 4674 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain