Text
Meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli dengan pendekatan bermain kreatif : penelitian tindakan pada siswa SMP kelas VII E Seputih Agung Lampung Tengah
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI DENGAN PENDEKATAN BERMAIN KREATIF
(Penelitian Tindakan Pada Siswa SMP Kelas VII E Seputih Agung Lampung Tengah)
MUHAMMAD ISHAQ GERY
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui bermain kreatif dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran para pendidik tentang penggunaan pendekatan yang sesuai dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VII E SMP Negeri 1 Seputih Agung yang berjumlah 34 orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan tes hasil belajar . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada siklus satu yang tuntas belajar mencapai 19 siswa atau 56% dengan nilai rata - rata 76. Pada siklus dua mencapai 29 siswa atau 85% dengan nilai rata - rata 83. Selain itu, dengan pendekatan bermain kreatif dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran passing atas.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain kreatif dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Seputih Agung. Kepada rekan – rekan seprofesi untuk dapat menerapkan hasil penelitian ini secara berkesinambungan dan kepada guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan agar dapat menerapkan pendekatan bermain kreatif ini sebagai alternative dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.
Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas, Pendekatan Bermain Kreatif.
Bibliografi : ada
TM00001718 | TM 1718 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain