Text
Perbandingan model pembelajaran project based learning (PJBL) dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran perakitan komputer kelas X teknik komputer jaringan SMK Negeri 26 Jakarta
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK NEGERI 26 JAKARTA
IIS SUMARNI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Project Based Learning dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievment Division terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMKN 26 Jakarta.
Penelitian dilakukan di SMKN 26 Jakarta, dilaksanakan pada bulan Februari - April 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental yang diberikan perlakuan terhadap kedua kelas dengan berbeda perlakuan. Masing – masing kelas terdiri dari 32 siswa. Adalah teknik random sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel. Kelas eksperimen diterapkan di kelas X TKJ 1 menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas kontrol diterapkan di kelas X TKJ 2 menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievment Division. Untuk mendapatkan data penelitian ini, dilaksanakan tes akhir pada siswa untuk mengukur kemampuan kognitif berupa soal pilihan ganda dan kemampuan psikomotorik berupa unjuk kerja atau praktek.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan siswa yang diterapkan Project Based Learning mendapatkan nilai rata-rata 84,75, sedangkan siswa yang diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievment Division mendapatkan nilai rata-rata 81,25. Dengan demikian hipotesis ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa perbandingan hasil belajar Perakitan Komputer antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih tinggi dibandingan dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD).
Kata Kunci : Project Based Learning, Student Teams Achievment Division, Hasil Belajar.
Bibliografi : lembar 81-82
SS00009567 | SK 9567 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain