Text
Pengaruh media pembelajaran CD interaktif terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran muatan lokal tata busana di MAN 15 Jakarta : busana wanita
ABSTRAK
SRIDEFI YANTY. Pengaruh media pembelajaran CD Interaktif terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran muatan lokal tata busana. Skripsi, Jakarta, Program Studi Tata Busana Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh data pengaruh media pembelajaran CD Interaktif terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran muatan lokal tata busana. Penelitian ini di lakukan di Madrasah Aliyah Negeri 15 jakarta timur. Metode penelitian yang di gunakan adalah pre-eksperimen (desain one group pretest-posttest). Variabel terdiri dari variable dependent yaitu motivasi belajar dan variabel independent yaitu pengaruh media pembelajaran CD Interaktif
Pengumpulan data di lakukan menggunakan instrument kuesioner (angket) mengenai motivasi ekstrinsik. Sampel yang diambil sebanyak 65 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampling jenuh yang dimana seluruh populasi di jadikan sampel dengan jumlah sample. Instrument yang diberikan telah di lakukan uji validitas dan uji reliabelitas.
Hasil penelitian menyatakan bahwa adanya pengaruh positif terhadap media pembelajaran CD interaktif yang meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pada uji hipotesis pengujian di lanjutkan dengan uji t-independent. Pada uji ini di peroleh nilai sig.= 0.000 dengan taraf signifikan (α = 0,05) dan nilai signifikan < α, atau 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pada media pembelajaran CD Interaktif terhadap motivasi belajar peserta didik.
Bibliografi : lembar73-74
SS00009569 | SK 9569 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05,2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain