Text
Model pembelajaran renang (FH) bagi siswa prasekolah
MODEL PEMBELAJARAN RENANG (FH) BAGI SISWA PRASEKOLAH
FATIN HAMAMAH
Universitas Negeri Jakarta
Jalan Rawamangun Muka Jakarta
Email : fatintivien@gmail.com
RINGKASAN
Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran renang bagi siswa prasekolah. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: penerapan model pembelajaran renang bagi siswa prasekolah. Dan mengetahui efektifitas, efisiensi dan daya tarik anak terhadap model yang dibuat. Penelitian dan pengembangan ini adalah siswa Taman Kanak-Kanak yang berjumlah 60 orang.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian model ini adalah kuisioner dan instrumen penilaian renang bagi siswa prasekolah yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) Ujicoba kelompok kecil; (4) Ujicoba kelompok besar. Uji efektifitas model menggunakan tes penilaian renang bagi siswa prasekolah dengan melihat peningkatan hasil keterampilan renang sebelum diterapkannya model pembelajaran yang dibuat. Berdasarkan hasil yang didapat peningkatan antara hasil keterampilan renang sebelum diterapkannya model pembelajaran renang total 64,3% dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran renang yang baru desain peneliti meningkat menjadi 93,25%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran renang bagi siswa prasekolah, siswa dapat belajar secara efektif dan efisien. (2) Dengan model pembelajaran yang telah peneliti desain, siswa lebih termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan, Model, Renang
Bibliografi : lembar 149-151
TM00001715 | TM 1715 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain