Text
Peningkatan keterampilan renang gaya bebas (crawl) melalui metode bermain : penelitian tindakan untuk ekstrakulikuler siswa kelas III di SD Negeri 03 kota Pontianak
PENINGKATAN KETERAMPILAN RENANG GAYA BEBAS (CRAWL) MELALUI METODE BERMAIN
(Penelitian Tindakan Untuk Ekstrakulikuler Siswa Kelas III
Di SD Negeri 03 Kota Pontianak)
2016
RIO WARDHANI
ABSTRAK
Renang gaya bebas merupakan gaya renang yang tercepat dibandingkan dengan ketiga gaya lainnya karena gaya renang ini mempunyai koordinasi gerak yang baik dan hambatannya paling minim. Ciri khas dari gaya bebas adalah gerakan lengannya berputar mirip dengan gerakan baling-baling pesawat udara dan gerakan tungkai kakinya turun naik secara menyilang. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa SD kelas III. Subjek penelitian berjumlah 20 orang siswa kelas III SD Negeri Kota Pontianak.Metode penelitian berupa penelitian tindakan dengan desain Kemmis dan Taggart.Gerakan yang dinilai adalah gerakan kaki, gerakan lengan, pernafasan dan koordinasi seluruh gerakan.Pencapaian pada prasiklus sebesar 5 siswa atau 25% siswa yang tuntas. Pada siklus 1 diberi beberapa permainan, yaitu: permainan lari, hitam hijau, gerobak dorong, balap luncur dan didapat peningkatan menjadi 11 siswa atau 55% siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus ke 2 diberi tindakan lagi dan meningkat menjadi 17 siswa atau 85%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan metode bermain pada peningkatan keterampilan renang gaya bebas dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan melalui metode bermain siswa dapat termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kata Kunci: Renang Gaya Bebas, Metode Bermain, Hasil Belajar.
Bibliografi : lembar 103-105
TM00001719 | TM 1719 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain