Text
Pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar tolak peluru : studi eksperimen pada siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Pacet
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU
(Studi Eksperimen Siswa SMK Negeri 1 Pacet Provinsi Jabar)
RYAN WAHYU SEPTIANA
ryanwahyu491@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara media pembelajaran berbasis video dan media pembelajaran berbasis gambar-serta motivasi siswa terhadap hasil belajar tolak peluru. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI (sebelas) TKJ di SMK Negeri 1 Pacet. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 52 siswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) skor hasil belajar tolak peluru yang di ajar melalui media pembelajaran berbasis video (A1) lebih tinggi dari skor hasil belajar tolak peluru yang diajar melalui media pembelajaran berbasis gambar (A2) di SMK Negeri 1 Pacet; (2) Terdapat interaksi antara media pembelajaran (A) dengan motivasi belajar siswa (B) pada hasil belajar tolak peluru di SMK Negeri 1 Pacet (3) hasil skor media pembelajaran siswa yang memiliki motivasi tinggi pada media pembelajaran berbasis video (A1B1) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar pada media pembelajaran berbasis gambar (A2B1) di SMK Negeri 1 Pacet (4) skor hasil belajar tolak peluru yang belajar melalui media pembelajaran berbasis video pada siswa yang memiliki motivasi rendah (A1B2) lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui media pembelajaran berbasis gambar(A2A2) di SMK Negeri 1 Pacet.
Catatan kunci : Media pembelajaran, Motivasi Belajar siswa, Tolak Peluru.
Bibliografi : lembar 125-128
TM00001697 | TM 1697 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain