Text
Evaluasi kompetensi guru pendidikan jasmani di kota Metro Lampung : studi deskriptif tentang kompetensi guru pendidikan jasmani
EVALUASI KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMANI
DI KOTA METRO LAMPUNG
ARIFAI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi guru pendidikan jasmani di Kota Metro Lampung. Serta menghasilkan rekomendasi bagi para stake holder dan dinas pendidikan terkait dalam upaya meningkatkan kualitas (kompetensi) guru pendidikan jasmani di Kota Metro Lampung.
Model evaluasi yang digunakam dalam penelitian ini adalah model avaluasi CIPP dengan menggunakan teknik analisis deksriptif naratif. Sehingga data dari angket akan dikembangkan dalam bentuk deskripotif naratif dengan tetap menggunakan model yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam (1967), yakni (1) context, (2) input, (3) process, (4) product. Atau yang disebut dengan CIPP.
Datang dikumpulkan dari hasil observasi langsung dilapangan, wawancara, dan studi dokumentasi, serta angket sebagai penunjang penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari semua variabel tersebut sudah memenuhi kriteria kompetensi yang ada dalam Undang-Undang Guru dan Dosen No.14 Tahun 2005. Hanya saja dari variabel Input yang masih banyak kekurangan. Yaitu terkait dengan sarana dan prasarana yang masih kurang memadai sebagai penunjang pembelajaran.
Berdasarkan hasil data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa secara keseleruhan kompetensi yang dimiliki oleh guru-guru pendidikan jasmani di Kota Metro Lampung sudah sesuai dan memenuhi apa yang menjadi tuntutan dalam Undang-Undang Guru dan Dosen No.14 tahun 2005. Dan peneliti merekomendasikan kepada stake holder dan dinas terkait agar dapat memenuhi dan melengkapi sarana dan prasarana untuk lebih meningkatkan kinerja guru pendidikan jasmani dan tentunya untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar.
Kata Kunci: Evaluasi Program, Kompetensi, Guru, CIPP
Bibliografi : lembar 96-98
TM00001686 | TM 1686 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain