Text
Pengembangan model pembelajaran tendangan depan pencak silat melalui gerak multilateral untuk Sekolah Dasar
RINGKASAN
WAHYU BUDI SANTOSO. “Pengembangan Model Pembelajaran Tendangan Depan Pencak Silat Melalui Gerak Multilateral Untuk Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran tendangan lurus pencak silat melalui gerak multilateral untuk sekolah dasar.
Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 2 Maret sampai 30 April 2016 bertempat di SDN Duren Sawit 18 Pagi Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development, yaitu dengan membuat item model pembelajaran tendangan lurus pencak silat melalui gerak multilateral untuk sekolah dasar.
Teknik yang digunakan untuk menganalisis model pembelajaran ini adalah dengan cara peneliti mengundang para ahli/pelatih olahraga pencak silat, kemudian para ahli tersebut melihat dan menilai sekaligus memutuskan setiap item yang ada dimodel pembelajaran tendangan lurus pencak silat melalui gerak multilateral untuk sekolah dasar. Setelah diadakan penilaian oleh para ahli/pakar yang kemudian diuji maka 9 item model pembelajaran yang ada dinyatakan layak untuk dijadikan sebuah model pembelajaran.
Dari hasil penelitian yang telah dikembangkan, peneliti berharap dalam model pembelajaran tendangan lurus pencak silat melalui gerak multilateral untuk sekolah dasar dapat digunakan sebagai model mengajar oleh guru pendidikan jasmani, dan agar para guru memahami terlebih dahulu materi model pembelajaran dengan baik antara lain tentang kemasan maupun isi dari materi model latihan yang dikembangkan.
Bibliografi : lembar 62-63
SS00009499 | SK 9499 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain