Text
Pengaruh metode mind map terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Menteng Atas Jakarta Selatan
PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN MENTENG ATAS JAKARTA SELATAN
(2016)
Olivia Goldie Rachmala
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind map terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di kelurahan Menteng Atas dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menteng Atas Jakarta Selatan sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan penskoran hasil belajar dan kemudian dianalisis menggunakan uji-t. berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung= 5,56 dan ttabel= 1,671 pada dk=62 dan taraf signifikan 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode mind map terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Hasil ini menunjukkan bahwa metode mind map dapat dijadikan salah satu upaya untuk mengembangkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.
Kata kunci Metode Mind Map, Hasil Belajar IPA, Siswa Sekolah Dasar
Bibliografi : lembar 72-74
SS00009522 | SK 9522 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain