Text
Pengembangan model bangunan ruang berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar
PENGEMBANGAN MODUL BANGUN RUANG BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR
(2016)
Hilyan Millah Khulida
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa modul matematika berbasis pendekatan saintifik kelas V Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan dengan tiga langkah penelitian, yakni define (pendefinisian/analisis kebutuhan), design (perancangan), development (pengembangan). Tahap analisis kebutuhan dilakukan guna mendapatkan informasi mengenai permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dan mendapatkan informasi pengetahuan tentang bahan ajar dan modul. Tahap perancangan dilakukan dengan membuat skenario produk bahan ajar berupa modul yang akan dikembangkan. Tahap pengembangan produk diawali dengan melakukan validasi ke ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Kemudian, dilanjutkan dengan uji coba produk kepada siswa. Siswa yang dijadikan responden adalah 38 orang siswa kelas V SDN Jatibening Baru V Pondok Gede Bekasi. Hasil validasi ahli media menunjukkan persentase 96%, hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 84,4%, dan hasil validasi ahli bahasa menunjukkan persentase 85,56%. Kemudian, hasil uji coba kepada siswa pada tahap uji satu-satu menunjukkan persentase 91,11%, uji kelompok kecil menunjukkan persentase 88,67%, dan hasil uji coba lapangan/uji kelompok besar menunjukkan persentase 88,8%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan layak digunakan, dilihat dari hasil interpretasi skor rata-rata akhir memperoleh persentase lebih dari 80%, yakni 89,09% yang berarti “sangat baik”.
Kata Kunci: Modul, bangun ruang, pendekatan saintifik.
Bibliografi : lembar 141-143
SS00009523 | SK 9523 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain