Text
Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam mengikuti kursus menjahit di LKP Yunita Gunung Putri Bogor : survei pada masyarakat RW 05 Kelurahan Gunung Putri Bogor
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT DALAM MENGIKUTI KURSUS MENJAHIT DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN YUNITA GUNUNG PUTRI KABUPATEN BOGOR
(Survey pada masyarakat RW 05 Kelurahan Gunung Putri Bogor) 2016 Monita Purwandani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam mengikuti kursus menjahit di LKP Yunita Gunung Putri Bogor, yang meliputi faktor tingkat sosial ekonomi, faktor keinginan dari dalam, faktor motif sosial dan faktor emosional. Penelitian ini dilakukan di RW 05 kelurahan Gunung Putri, Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat RW 05 kelurahan Gunung Putri berjumlah 111 orang berjenis kelamin perempuan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Perhitungan jumlah sampel menggunakan teori Arikunto jika populasi lebih dari 100 maka diambil 10-15% atau 20-25% atau lebih, atas saran dari pembimbing diambil 30% dari total populasi, sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 33 orang. Metode penelitian yang diguanakan adalah metode survey dengan teknik deskriptif. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) tertutup dan wawancara pada pihak penyelenggara. Instrumen terlebih dahulu di uji coba menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan rumus product moment untuk menguji 43 butir soal pada 18 responden dengan taraf signifikansi 0.05 adalah 0,468 dan didapat 8 item drop dan soal yang valid berjumlah 35 item. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha, di dapat nilai alpha 0,952. Hasil perhitungan keseluruhan data pada angket menunjukan dari 33 responden didapat data bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam mengikuti kursus menjahit di LKP Yunita Gunung Putri Bogor, dipengaruhi oleh faktor tingkat sosial ekonomi sebesar 74%, faktor keinginan dari dalam 70%, faktor motif sosial 81%, faktor emosional 79%. Dilihat dari data diatas kemungkinan faktor yang paling dominan mempengaruhi minat masyarakat adalah faktor motif sosial dengan persentase sebesar 81%. Program kursus menjahit yang dilaksanakan di LKP Yunita Gunung Putri Bogor dapat menarik minat masyarakat cukup baik. Saran dari penelitian ini adalah baik penyelenggara, instruktur dan pihak yang terkait harus bekerjasama untuk dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan minat masyarakat yaitu dengan memberikan penyuluhan mengenai kursus menjahit atau menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi minat sehingga minat masyarakat dapat dipelihara dan berkembang terhadap kursus menjahit di LKP Yunita.
Kata Kunci: Faktor-faktor minat, Kursus, Menjahit
Bibliografi : lembar 148-150
SS00009528 | SK 9528 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain