Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap percaya diri dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Di Kelurahan Jati Jakarta Timur : studi eksperimen di SDN Jati 05 Pagi Jakarta Timur
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PERCAYA DIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDN DI KELURAHAN JATI, JAKARTA TIMUR
(Studi Eksperimen di SDN Jati 05 Pagi, Jakarta Timur)
(2016)
Femianita Sardi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap percaya diri dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN di Kelurahan Jati Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Jati 05 Pagi Jakarta Timur sebanyak 50 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest-only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi = 0,05 dengan hasil thitung (2,070) > ttabel (2,013) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap percaya diri dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN di Kelurahan Jati Jakarta Timur. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan percaya diri dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN di Kelurahan Jati Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang suasana dan gaya belajar yang bervariasi agar dapat mengembangkan percaya diri dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN di Kelurahan Jati, Jakarta Timur.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Percaya Diri
Bibliografi :lembar 79-81
SS00009530 | SK 9530 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain