Text
Model pembelajaran gerak dasar lari berbasis sirkuit untuk siswa sekolah menengah pertama
MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI BERBASIS SIRKUIT UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DWI KIESNAWATI
ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan adalah menghasilkan produk baru yang dipakai dalam pembelajaran lari jarak pendek pada siswa sekolah menengah pertama, Penelitian ini menggunakan pengembangan metode penelitian Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah 120 siswa sekolah menengah pertama yaitu pada tiga sekolah di Tangerang. Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Tangerang, Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Tangerang dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tangerang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif . Pengembangan model melalui uji coba terbatas, uji coba luas dan uji efektiifitas. Hasil statistik dengan uji signifikansi perbedaan dengan SPSS 16 dapat hasil nilai t -23.542 taraf signifikasni 0,05 dan p-value = 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara model sebelum dan sesudah diberi model pembelajaran gerak dasar lari jarak pendek berbasis sirkiut pada siswa sekolah menengah pertama. Dapat disimpulkan (1) Model pembelajaran gerak dasar lari pendek berbasis sirkuit dapat diterapkan pada siswa sekolah menengah pertama (2) Model pembelajaran gerak dasar lari berbasis sirkuit efektif dapat meningkatkan hasil belajar lari pada siswa sekolah menengah pertama
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Gerak dasar lari dan Siswa SMP
Bibliografi : lembar 84-86
TM00001745 | TM 1745 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain