Text
Penerapan permainan kecil untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar berlari siswa kelas III di SDIT Almarjan kota Bekasi Jawa Barat
Ringkasan
Kamil Syechabudin.Penerapan Permainan Kecil Untuk Meningkatkan
Keterampilan Gerak Dasar Berlari Siswa Kelas III DI SDIT AlMarjan Kota
Bekasi, Jawa Barat (2016). Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan,
Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar
berlari pada siswa kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT AlMarjan
Kota Bekasi, Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian
tindakan kelas (Classroom Action Research) dan guru sebagai kolaborator.
Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dimulai
pada tanggal 4 Januari 2016 sampai tanggal 18 Januari.
Kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh SDIT AlMarjan
Kota Bekasi untuk mata pelajaran pendidikan jasmani adalah 75. Perubahan
atau peningkatan keterampilan gerak dasar berlari siswa dengan
menerapkan permainan kecil dilihat pada hasil penilaian proses gerak dasar
berlari.
Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan I
memberikan hasil sebagai berikut : 1) siswa belum memahami tentang gerak
dasar berlari. 2) sebagian siswa masih melakukan gerak dasar berlari dengan
semaunya. 3) sebagian siswa masih melakukan gerak dasar berlari dengan
tidak bersungguh-sungguh. Nilai ketuntasan siswa disiklus I mencapai
(53,33%), masih sangat banyak siswa yang belum mendapatkan nilai diatas
KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu 75.
Kegiatan siklus kedua yang direalisasikan melalui tindakan II
memberikan hasil berikut : 1) siswa mampu memahami materi tentang gerak
dasar berlari 2) siswa mampu melakukan gerak dasar berlari dengan benar
dan baik, 3) siswa mampu melakukan gerak dasar berlari dengan
bersungguh-sungguh.
ii
Dari hasil penelitian ini adanya peningkatan dalam hasil belajar
dengan menerapkan permainan kecil, tes awal nilai rata-rata siswa 65,21,
siklus I nilai rata-rata siswa 73,61 dan siklus II nilai rata-rata siswa 83,13.
Untuk ketuntasan hasil belajar siswa tes awal siswa dinyatakan tuntas
sejumlah 7 siswa (23,33%), siklus I yang dinyatakan tuntas 16 siswa
(53,33%), dan siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 30 siswa (100%).
Bibliografi : lembar 84-85
SS00009468 | SK 9468 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain